Workshop Islamic Mindfulness Therapy

Sangkuriang-Bandung. Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (Dispsiad) menyelenggarakan kegiatan Workshop Islamic Mindfulness Therapy di Gedung Upala Pratama Madispsiad. Rabu (06/03/2024).

Dalam dunia yang serba sibuk dan penuh dengan tantangan, kesejahteraan mental telah menjadi satu keperluan yang semakin mendesak untuk kita semua. Sejauh mana kita dapat mencapai kejayaan dalam kehidupan, jika jiwa kita tidak dalam keadaan tenang dan harmoni.

Tujuan dari Islamic Mindfulness Therapy, yaitu individu belajar untuk dapat mengelola batinnya untuk senantiasa terus menerus dekat kepada Allah SWT, sehingga ridho terhadap segala ketentuan-nya dan diridhoi oleh-nya. pendekatan Islamic Mindfulness Therapy berasal dari psikologi transpersonal dengan berfokus pada Tasawuf yang menekankan praktik Tazkiyatun Nafs.

Dalam amanat Kadispsiad yang dibacakan Sekretaris Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (Sesdispsiad) Kolonel Caj Dwi Yanu Herwanto, S.Psi., M.Psi., Psikolog disampaikan bahwa Mindfulness secara sederhana berarti mengembangkan kesadaran di setiap saat. terdapat latihan dan sikap bagi individu untuk bisa hidup dengan Mindful, seperti meditasi napas, duduk, dan belajar untuk menerima dan tidak menghakimi. dengan menjadi sadar, tujuan berikutnya, yaitu tercapainya Emotional Well-Being.

Sejatinya Mindfulness sangat erat kaitannya dengan tradisi di setiap agama, seperti konsep Present Moment dan kontemplasi atau meditasi. karena itu, Mindfulness bukan hanya sekedar mencapai suatu keadaan emosi yang sejahtera pada diri individu, tapi lebih dari itu. Islamic Mindfulness Therapy Workshop berusaha untuk melatih individu untuk mengembangkan kehidupan berbasis kesadaran melalui pendekatan agama islam. Jelasnya.

Dikesempatan yang berbeda Kadispsiad Brigjen TNI Heny Setyono, S.Psi.,M.Si menyampaikan melalui kegiatan Islamic Mindfulness Therapy ini diharapkan kita dapat mencapai kesejahteraan mental yang sejati, membebaskan diri dari beban yang menghalangi kebahagiaan sejati.

Saya mengajak kita semua untuk merenung dan mengamalkan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari kita, agar dapat mencapai ketenangan dan kebahagiaan yang dijanjikan dalam ajaran Islam. Terangnya.